UNIYAP News & Events

Gelar Seminar Nasional Ketiga, Program Studi Teknik Sipil Tingkatkan Kompetensi Prioritaskan Pembangunan di DOB Papua 19 Juni 2024 Dilihat: 479x

Mahasiswa Program Studi Sipil dari fakultas Teknik Universitas Yapis Papua (UNIYAP) mengelar seminar Nasional ke-3 Tahun 2024, bertempat di ballroom L5 hotel Ultimate Entrop pada, Rabu, (22/5/2024).

Tema seminar Nasional tersebut yakni “Inovasi Pengembangan Infrastruktur di Daerah Otonomi Baru untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG)”

Mewakili Rektor Yapis Dr.H.Muhdi B.Hi.Ibrahim, SE.,MM, Seminar Nasional tersebut dibuka oleh Wakil Rektor l, DR. Abdul Rasyid, S.Pd., SE., M.Si. Dalam sambutannya, DR. Abdul Rasyid, mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi jasa kontruksi selama ini sudah terjawab.

DR. Abdul Rasyid, memberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik terkhususnya Teknik Sipil yang telah menjawab tantangan yang ada di lapangan.
"Salah satu bentuk untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada dimasyarakat saya apresiasi fakultas teknik khususnya teknik sipil dalam hal menjawab tantangan di lapangan," kata DR. Abdul Rasyid, Rabu, (22/5).

Pelaksanaan Seminar Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan Percepatan serta pemerataan pembangunan yang diprioritaskan pada Daerah Otonomi Baru (DOB), yang menjadi perhatian utama dalam proses konstruksi, sehingga butuh penerapan dan penggunaan teknologi serta inovasi terbaru dari berbagai pihak untuk mendukung terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan (SDGS).

DR. Abdul Rasyid, mengharapkan Mahasiswa yang mengikuti seminar Nasional tersebut tidak hanya mendapatkan keilmuan menjadikan topik masing-masing tetapi menjadi nilai tambah untuk memasuki dunia kerja.

"Ade-ade mahasiswa yang mengikuti seminar bukan hanya memperoleh secara keilmuan dari apa yang menjadi untuk topik yang masing-masing, tetapi muda-mudahan lewat uji kompetensi ini akan memberikan nilai tambah untuk ade-ade untuk memasuki dunia kerja," harapannya.

Sementara itu Wakil Rektor III Uniyap, Dr. Ir. Didik Mabui, ST., MT mengatakan Seminar Nasional yang ke-3 itu merupakan masukan untuk mempersiapkan calon mahasiswa untuk mempunyai sertifikat yang mempunyai daya saing di dunia kontruksi.

"Pada intinya kami sebagai kampus untuk menyediakan sumberdaya dan mempersiapkan untuk bisa bersaing sehat diluar tenaga kontruksi," kata didik kepada Ceposonline.com, Rabu (22/5).

Didik, mengharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut para mahasiswa bisa menciptakan generasi muda yang mempunyai bakat dan mempunyai sertifikat untuk bisa bersaing di dunia kontstruksi.

Diketahui peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini sejumlah 256 partisipan, yang terdiri dari 104 peserta sertifikasi dan 152 peserta umum. Sedangkan paper yang telah diterima untuk diseminarkan hari ini sebanyak 56 pemakalah.

Berkaitan dengan tema tersebut, Uniyap juga menghadirkan dua orang narasumber utama yang hadir secara langsung Yaitu:
Pertama, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, dari Universitas Hasanuddin
Kedua, Dr. Ir. Aksan Kawanda, MT, IPM, ASEAN Eng, dari Universitas Trisakati.

Tidak hanya itu, Seminar nasional ini, juga diikuti oleh dosen, peneliti, praktisi dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Adapun perguruan tinggi luar wilayah Papua yang berpartisipasi antara lain:

Politeknik Astra Jawa Barat, Universitas 17 Agustus 45 Jakarta, Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi, Universitas Muhamadiyah Gresik, Jawa Timur dan Universitas Hasanuddin, Makassar (Sekolah Pascasarjana).

Adapun sponsor yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar ini, diantaranya:
Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura dan Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM).

Sumber: https://www.ceposonline.com/kota-jayapura/1994678880/gelar-seminar-nasional-ketiga-prodi-teknik-sipil-uniyap-tingkatkan-kompetensi-prioritaskan-pembangunan-di-dob-papua

UNIYAP Testimonial

UNIYAP Media

Cinematic Wisuda UNIYAP Tahun 2023
SEMINAR NASIONAL FORUM MANAJEMEN INDONESIA 15 PAPUA
RAPAT SENAT TERBUKA / WISUDA LULUSAN SARJANA (S1) DAN PASCASARJANA (S2) UNIVERSITAS YAPIS PAPUA 2023